Beranda Pusat Studi PSGA LP2M IAIN Langsa Melakukan Kerjasama (MoU) dengan Dinas DP3A DALDUK & KB...

LP2M IAIN Langsa Melakukan Kerjasama (MoU) dengan Dinas DP3A DALDUK & KB Kota Langsa

228
0

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) tandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A DALDUK & KB) Kota Langsa di Ruang Aula IAIN Langsa, Senin (14/08/2023).

Kerja sama ini ditandatangani oleh Ketua LP2M Dr. T. Wildan, MA dengan Kepala Dinas DP3A DALDUK & KB) Kota Langsa Ibu Amrawati SKM., MKM. Turut hadir pada acara ini Sekretaris Dr. Noviandy, M. Hum, Kapuslitpen Dr. Mustamar Iqbal, MA dan Ka. PSGA Rita Mahriza, MS, dan sejumlah unsur staf LP2M IAIN Langsa.

Adapun lingkup kerja sama ini meliputi pengembangan penelitian perempuan dan anak; pengembangan sumber daya manusia dan penguatan jaringan (civil society) berperspektif gender dan anak; pengabdian kepada masyarakat; menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pembangunan berkelanjutan dengan mengintegrasikan perspektif kesetaraan dan keadilan gender; serta hal lainnya yang disepakati kedua belah pihak dengan mengacu pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku

Ketua LP2M IAIN Langsa Dr. T. Wildan, MA, menyampaikan, bahwa kerjasama dalam bidang gender dan anak sangat penting untuk memastikan kesetaraan gender dan perlindungan anak-anak di berbagai aspek kehidupan. Bidang ini melibatkan upaya untuk mengatasi diskriminasi gender, melindungi hak-hak anak, serta memastikan bahwa anak-anak dari semua jenis kelamin memiliki akses yang sama terhadap peluang dan layanan.

Kerjasama dalam bidang gender dan anak harus didasarkan pada prinsip-prinsip inklusivitas, partisipasi, dan kesetaraan. Hal ini memerlukan kerja sama lintas sektor dan lintas negara untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak tanpa memandang jenis kelamin mereka.