Beranda Rumoh Jurnal Ngopi Bareng, Rumah Jurnal Laksanakan Koordinasi Dengan LP2M IAIN Langsa

Ngopi Bareng, Rumah Jurnal Laksanakan Koordinasi Dengan LP2M IAIN Langsa

206
0

Pengurus Rumoh Jurnal IAIN Langsa yang di ketuai oleh M. Anzaikhan, M. Ag, melaksanakan pertemuan khusus sambil ngopi bareng bersama LP2M IAIN Langsa untuk mengkoordinasikan tindak-lanjut arahan Rektor IAIN Langsa terkait rencana pengembangan Rumoh Jurnal dan peningkatan kualitan jurnal menuju akreditasi internasional pada kegiatan publikasi ilmiah di lingkungan IAIN Langsa. Pertemuan internal yang dihadiri oleh beberapa pengelola dan pegiat jurnal di lingkup IAIN Langsa.

Pertemuan ini juga mendiskusikan keputusan Rektor yang menjadi landasan pemikiran dalam menyusun roadmap atau perencanaan jangka panjang dan jangka pendek terkait pengembangan dan peningkatan kualitas jurnal bereputasi di lingkungan IAIN Langsa

Dalam pertemuan tersebut ketua LP2M IAIN Langsa Dr. T. Wildan, MA menyampaikan bahwa pengelolan Jurnal adalah tanpa batas, artinya tanpa batas waktu, pengelola memikirkan terbit tepat waktu, pengelola jurnal setiap waktu melayani penulis dan lainnya. “Ibaratnya, pengelola jurnal itu seperti pelayan yang melayani penulis agar terbit dengan kualitas yang baik dan melayani pembaca agar mendapatkan pengetahuan yang bermutu,” ujarnya.

Ketua Rumoh Jurnal IAIN Langsa M. Anzaikhan, M. Ag menyampaikan “bahwa Rumah Jurnal IAIN Langsa terus berbenah dan menggerakan inovasi-inovasi untuk meningkatkan kualitas jurnal yang ada dengan menerapkan standar Scopus sebagai pedoman dan panduan dalam menapaki dan menjelajahi agar lebih baik secara kualitas artikel serta teknis manajemennya.” tuturnya.

Sekretaris LP2M IAIN Langsa Dr. Noviandy, M. Hum dalam salah satu sesi diskusi rumah Jurnal juga sangat mengharapkan agar semua unsur pimpinan terkait, baik di tingkat Fakutas maupun di tingkat Rektorat dapat mengakomodir segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh Rumah Jurnal serta para pengelola jurnal dan harus banyak kegiatan yang dilakukan seperti pelatihan, konsultasi, dan bimbingan dalam mengelola jurnal, menelaah artikel ilmiah, serta mengelola peer review dalam sistem OJS. Melalui program asistensi akreditasi jurnal nasional, para penerbit jurnal dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai standar kualitas jurnal yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi dalam hal ini Kemdikbud Ristekdikti, serta mendapatkan saran dan masukan dalam mengatasi permasalahan yang muncul selama proses pengajuan akreditasi.” ujarnya