Beranda Pusat Studi PSGA LP2M IAIN Langsa Koordinasikan Perlindungan Anak dan Perempuan dengan Dinas DP3A DALDUK...

LP2M IAIN Langsa Koordinasikan Perlindungan Anak dan Perempuan dengan Dinas DP3A DALDUK KB Kota Langsa

288
0

Ketua LP2M IAIN Langsa Dr. T. Wildan, MA beserta Sekretaris Dr. Noviandy, M. Hum, Kapuslitpen Dr. Mustamar Iqbal, MA, Kapus PKM Rifyal Dahlawy Chalil, M. Sc dan Ka. PSGA Rita Mahriza, MS, melakukan koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A DALDUK KB) Kota Langsa yang berlokasi di Jl. Panglima Polim Komplek Perkantoran No. 2 Gp, Jawa Belakang Kota Langsa, pada hari Senin, 7 Agustus 2023.

Kedatangan rombongan LP2M IAIN Langsa, disambut langsung oleh Kepala UPTD PPA Kota Langsa Putri Nahrisah, SKM. M. Comm Health SC. Ph. D mewakili Kepada Dinas DP3A DALDUK KB Kota Langsa beserta para pekerja sosial dan staf.

Kordinasi diawali dengan diskusi tentang perkembangan tentang isu anak dan perempuan yang kerap terjadi akhir-akhir ini. Ketua LP2M IAIN Langsa dalam hal ini menyampaikan “kami dari IAIN Langsa siap mendukung berbagai kegiatan yang berhubungan isu perempuan dan anak yang selama ini ditangani oleh Dinas DP3A DALDUK KB. Masa depan yang akan datang sangat tergantung pada masa generasi-generasi kita dimasa sekarang. Kami di IAIN Langsa melalui LP2M dan Pusat Studi Gender dan Anak siap memfasilitasi dengan kekuatan-kekuatan yang kami miliki, seperti psikolog, konselor, dan fasilitas-fasilitas lainnya dalam mendampingi mendampingi anak dan perempuan”. ujarnya

Kepala UPTD PPA Kota Langsa Ibu Putri Nahrisah juga menyambut niat baik dari LP2M IAIN Langsa dalam mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang sedang kami tangani saat ini. Beliau berharap keberadaan dosen-dosen IAIN Langsa di bawah koordinasi LP2M dan PSGA nantinya dapat menjadikan kasus-kasus ini semakin mudah ditangani dan semakin mengecil jumlahnya”. tuturnya

Dalam pertemuan ini juga digagas untuk dibangunnya kerjasama antara LP2M IAIN Langsa dengan DP3A DALDUK KB Kota Langsa. Dalam hal ini nanti akan diawali dengan pelatihan Kesetaraan Gender bagi santri dayah pada 14 Agustus mendatang. Dimana kepala Dinas DP3A DALDUK KB akan menjadi salah seorang pemateri dalam pelatihan tersebut. Pelatihan ini menjadi penting, dimana keberadaan perempuan hingga saat ini masih dipandang sebagai makhluk kelas 2 dalam masyarakat kita. Hal ini terlihat dari berbagai penelitian yang menyebutkan bahwasanya masa pendidikan Indonesia hingga 70% hanya berlangsung hingga 9 tahun. Perempuan dengan masa pendidikan 7 tahun, laki-laki 9 tahun, ini menunjukkan angka masa belajar perempuan belum berimbang dan masih jauh dari harapan, ungkap Dr. Noviandy, M. Hum, Sekretaris LP2M IAIN Langsa. Ketua Pusat Studi Gender dan Anak, Rita Mahriza, MS juga mengungkapkan akan pentingnya keseteraan gender dan perlindungan anak. Pengarus utamaan gender sudah mejadi program prioritas dan anak, oleh karena ini kita harus melakukan penguatan-penguatan agar keberadaan perempuan dapat terus berkembang dan berada pada semua lini dan ruang public.

Dalam kesempatan yang lain nantinya kita juga dapat bekerjasama dalam melakukan pengabdian dan penelitian berbasis perempuan dan anak. Dalam hal ini Kapus Penelitian dan Penerbitan Dr. Mustamar Iqbal Siregar, MA dan Kapus Pengabdian Masyarakat Rifyal Dahlawy Chalil, M. Sc juga siap mendukung, khususnya dalam menguatkan data dan membangun pemahaman dalam masyarakat akan pentingnya isu pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak terhadap masa depan Kota Langsa yang lebih baik. Semoga kerjasama yang kita bangun nanti menjadi harapan baik untuk kita semua, ungkap Ketua LP2M IAIN Langsa dan Kepala UPTD PPA.