Beranda Rumoh Jurnal Rumoh Jurnal IAIN Langsa dan FEBI Berkomitmen Menuju Percepatan Akreditasi Jurnal

Rumoh Jurnal IAIN Langsa dan FEBI Berkomitmen Menuju Percepatan Akreditasi Jurnal

272
0

Rumoh Jurnal IAIN Langsa melakukan kunjungan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dalam rangka sosialisasi dan diskusi terkait peningkatan akreditasi jurnal (Rabu, 13 September 2023). Acara tersebut dihadiri oleh pimpinan Rumah M. Anzaikhan, M. Ag Jurnal dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Dr. Muhammad Amin, MA serta diikuti oleh segenap pengelola jurnal di lingkungan FEBI IAIN Langsa.

Adapun bentuk sharing season yang dilakukan ada beberapa item, diantaranya; Pertama, Rumoh Jurnal mendengar keluh kesah atau kendala yang dimiliki pengelola jurnal di FEBI untuk dimusyawarahkan bersama dalam mencari solusinya.

Kedua, sosialisasi terkait adanya format terbaru dalam menuju akreditasi Sinta di perjurnalan Indonesia. Salah satunya, jika sebelumnya hanya 1 edisi terakhir yang dinilai, per-September 2023 menjadi 3 edisi. Hal tersebut dilakukan oleh pihak Sinta agar semua publikasi di treatment dengan baik, bukan hanya 1 edisi yang akan diajukan akreditasinya saja.

Ketiga, penunjukkan ketua kordinasi rumoh jurnal di tingkat fakultas. Hal tersebut penting guna mengevaluasi dan memetakan program secara berkala terkait perjurnalan ke depannya. Pada kesempatan ini, Tajul Ula terpilih secara demokrasi sebagai ketua rumah jurnal tingkat fakultas.

Keempat, Rumoh Jurnal menyarankan kepada pimpinan FEBI untuk menunjuk 1 jurnal yang akan diproyeksikan menuju Sinta 2 atau Scopus. Sebagaimana diketahui, IAIN Langsa masih belum ada jurnal selevel tersebut, sehingga perlu akselerasi agar bisa diperoleh secepatnya.

Dekan FEBI, Dr. Muhammad Amin, MA menyambut baik kunjungan Rumoh Jurnal ke Fakultas, sebagaimana tanggapannya; “Kami sangat bahagia atas perhatian Rumoh Jurnal ke FEBI, perjurnalan sangat penting bagi rekam jejak dosen dan mahasiswa bahkan menjadi bagian Tridharma yaitu penelitian. Maka dari itu, kami menyambut baik dan komit untuk mensuport para pengurus jurnal di lingkungan FEBI agar memperoleh peningkatan ke depan.” Tuturnya

Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Safwan Kamal, M.E.I mengatakan “Kami sangat mengapresiasi kunjungan Rumoh Jurnal IAIN Langsa, dan kami komit bahwa ini bukan agenda pertama dan terakhir kalinya. Akan ada agenda rutin guna tercapainya peningkatan kualitas perjurnalan di FEBI.” Ujarnya

Sebagai penutup, Ketua Rumoh Jurnal IAIN Langsa, M. Anzaikhan, M. Ag mengatakan bahwa; “Program Rumoh Jurnal Saweu fakultas, adalah wacana yang sudah jauh hari direncanakan, bertujuan untuk membangun persamaan persepsi antara pimpinan fakultas dan pengurus jurnal bahwa menuju Sinta 2 dan Scopus butuh perhatian serius dan kinerja yang kolektif. Kedepan, Rumoh Jurnal juga akan berkunjung ke fakultas lain serta akan mendatangkan pemateri berstandar nasional dan internasional dalam bidang perjurnalan.” Ucapnya