Beranda Rumoh Jurnal Rumoh Jurnal Saweu FTIK dalam Rangka Sosialisasi Percepatan Menuju Sinta 2 dan...

Rumoh Jurnal Saweu FTIK dalam Rangka Sosialisasi Percepatan Menuju Sinta 2 dan Scopus

87
0

Rumoh Jurnal IAIN Langsa melakukan kunjungan internal ke FTIK guna menyamakan persepsi dan komitmen menuju nasionalisasi dan internasionalisasi jurnal. Sharing session itu digelar di Ruang Rapat FTIK pada Rabu, 27 September 2023 pada pukul 09:00 WIB sampai dengan selesai. Turut hadir pimpinan FTIK yang diwakili oleh Wadek I Dr. Rasid Ritonga, M. A. beserta belasan pengelola jurnal di lingkungan FTIK. Adapun perwakilan Rumoh Jurnal difasilitasi langsung oleh ketua Rumoh Jurnal M. Anzaikhan, S. Fil. I., M. Ag bersama 2 anggota lainnya yaitu Tajul ‘Ula, SE, M. Si dan Dr. Fakhrurrazi, S. Pd. I., MA.

Kegiatan saweu fakultas adalah agenda rutin yang dilakukan Rumoh Jurnal setelah sebelumnya mengunjungi FEBI pada beberapa minggu sebelumnya. Adapun tujuannya adalah agar pejurnalan IAIN Langsa dapat terdata secara baik serta sama-sama menuju peningkatan akreditasi. Baik dalam level nasional maupun menuju level internasional (scopus). Setidaknya ada 6 item yang dikupas pada acara tersebut, diantaranya;

Pertama, Rumoh Jurnal mendengar keluh kesah pengelola jurnal FTIK untuk direspon dan diberikan saran dan masukan bersama pimpinan FTIK. Kedua, membahas tentang peluang dan target menuju Sinta 2 dan Scopus. Pada momen ini, Rumoh Jurnal menyarankan pada pimpinan FTIK agar memproyeksikan 1 atau 2 jurnal yang difokuskan menuju Scopus. Ketiga, membahas tentang alokasi dana yang diperlukan bagi jurnal sehingga lebih potensial menuju internasionalisasi ke depan. Keempat, memilih ketua rumah jurnal fakultas. Kelima, membahas standar terbaru akreditasi Sinta. Keenam, membahas tentang kesiapan menuju submit Scopus seperti yang dilakukan beberapa pejurnalan IAIN Langsa sebelumnya.

Dr. Rasid Ritonga, M. A. selaku Wadek I FTIK menyambut baik kedatangan Rumoh Jurnal IAIN Langsa, bahkan bliau dalam paparannya menyebutkan akan menunjuk jurnal yang akan diproyeksikan menuju Sinta 2 dan Scopus. “FTIK akan memilih 1 atau 2 jurnal yang akan difokuskan menuju Sinta 2 dan Scopus, dalam hal ini gambaran awal adalah Jurnal Atfaluna karena sudah terakreditasi Sinta 3.” Imbuhnya.

M. Anzaikhan, S. Fil. I., M. Ag sebagai Ketua Rumoh Jurnal, sangat berbahagia melihat antusias pengelola jurnal di FTIK yang hampir memenuhi ruang rapat. Tidak hanya itu, spirit dan loyalitas pengelola juga tergambarkan dari aktifnya diskusi dan tanya-jawab. “Kami pengelola Rumoh Jurnal priode ini sangat mengapresiasi semangat kawan-kawan pejurnalan di FTIK, semoga ini menjadi fondasi yang cukup agar meraih Scopus dan Sinta 2 secepatnya. ” Tuturnya.