Beranda Kegiatan LP2M IAIN Langsa mengundang Prof. Ronald Lukens-Bull untuk memberikan kuliah tentang publikasi...

LP2M IAIN Langsa mengundang Prof. Ronald Lukens-Bull untuk memberikan kuliah tentang publikasi akademik

53
0

Langsa, 22 Juni 2024 — Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menyelenggarakan kegiatan Visiting Lecture bertema “Academic Writing and Ethical Guidelines” dengan pembicara Prof. Ronald Lukens-Bull dari University of North Florida, US, yang juga menjabat sebagai Editor in Chief Journal of Contemporary Islam, diterbitkan oleh Springer. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Juni 2024, dan dihadiri dosen IAIN Langsa dari berbagai fakultas.

Prof. Ronald Lukens-Bull yang telah lama meneliti tentang pesantren dan gerakan sosial Islam di Indonesia memberikan berbagai tips dan panduan praktis mengenai cara menyusun argumentasi yang baik dalam artikel ilmiah. Beliau juga membahas cara menyusun bagian diskusi yang kuat dan didukung oleh literatur yang relevan. Tidak hanya itu, Prof. Ronald Lukens-Bull menjelaskan secara rinci syarat-syarat yang harus dipenuhi agar sebuah tulisan layak diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.

Disesi yang lain, Prof. Ronald memaparkan tentang standar etika penelitian dan penerbitan yang diterapkan oleh Springer. Materi yang dibahas mencakup kejujuran dalam melaporkan hasil penelitian, tanggung jawab penulis, prosedur keamanan narasumber, transparansi dalam metodologi hingga memastikan proses penelitian tidak merugikan kelompok-kelompok marjinal.

Ketua LP2M IAIN Langsa, Dr. T. Wildan, MA, menyatakan bahwa proses penyaringan etika penelitian adalah hal yang belum banyak diketahui oleh dosen-dosen di Indonesia. Secara umum, penyaringan etika penelitian adalah suatu yang sama pentingnya dengan proses penulisan hasil penelitian. Saat ini sudah banyak jurnal bereputasi internasional yang mensyaratkan penulis untuk mengisi penyaringan etika penelitian ketika ingin menerbitkan tulisannya. Maka sebagai bagian dari upaya mencapai visi internasionalisasi IAIN Langsa, acara ini akan membuka pengetahuan dosen-dosen IAIN Langsa tentang proses dan dapur redaksi jurnal-jurnal terbitan luar negeri seperti Contemporary Islam yang memiliki reputasi terbaik dalam studi Islam.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan panduan praktis bagi para akademisi di lingkungan IAIN Langsa untuk meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi mereka. Dengan demikian, para akademisi dapat lebih siap dalam bersaing di tingkat internasional dan berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan secara global.