Beranda Kegiatan LP2M IAIN Langsa Launching Gampong Moderasi beragama, Peduli Perumpuan dan Ramah Anak...

LP2M IAIN Langsa Launching Gampong Moderasi beragama, Peduli Perumpuan dan Ramah Anak dan Penandatanganan Komitmen Bersama

75
0

Lembaga Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LP2M) IAIN Langsa bersama Pemerintah Gampong Sidodadi, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa meresmikan Gampong Moderasi beragama, Peduli Perumpuan dan Ramah Anak. Yang dilaksanakan di Aula Barat Gedung Rektorat IAIN Langsa. Minggu, 07 April 2024

Acara peresmian ini dihadiri oleh Raktor IAIN Langsa, Geuchik Gampong Sidodadi Bapak Trimo, Wakil Rektor I Dr. Yusaini, M. Pd, Wakil Rektor III Prof. Dr. Iskandar, MCL, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Langsa Ibu Rina Meutia, SE, ME, Ketua LP2M dan Ketua SPI Riza Ikhwan, S. TP, MH, termasuk pemimpin masyarakat, serta perwakilan dari pemerintah daerah, tokoh adat, pemuda/i, serta mahasiswa.

Gampong Sidodadi ditunjuk menjadi Gampong Moderasi Beragama, Peduli Perumpuan dan Ramah Anak dikarenakan Gampong Sidodadi memenuhi indikator Kampung moderasi beragama (KMB) yaitu masyarakatnya memiliki pahan moderasi, peduli perempuan dan ramah terhadap anak-anak serta masyarakatnya hidup rukun dan damai.

Dalam sambutannya, Raktor IAIN Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA, menyampaikan “bahwa tujuan dari program Gampong Moderasi Beragama, Peduli Perumpuan dan Ramah Anak adalah untuk menciptakan lingkungan yang inklusif, di mana setiap warga merasa dihormati dan diterima tanpa memandang latar belakang suku, rasa dan agama atau kepercayaan mereka serta peduli akan hal-hak perempuan dan ramah terhadap anak”. ujarnya

Dr. T. Wildan, MA, Ketua LP2M, menyampaikan “Kami percaya bahwa melalui pendekatan moderasi beragama, peduli perumpuan dan ramah anak kita dapat membangun kedamaian dan kerukunan, kepedulian dan karamahan yang kokoh di tengah-tengah keberagaman yang ada,” ujar T. Wildan.

Adapun Geuchik Gampong Sidodadi Bapak Trimo menyampaikan harapan dalam acara Launching Gampong Moderasi beragama, Peduli Perumpuan dan Ramah Anak, “Melalui Gampong Moderasi beragama, Peduli Perumpuan dan Ramah Anak, kami berharap dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam membangun kedamaian, kepedulian dan keramahan serta harmoni antarumat dan intraumat beragama,” tambah Trimo.

Selain itu, dalam rangkaian acara peresmian, dilakukan penandatanganan deklarasi bersama oleh Raktor IAIN Langsa dan Geuchik Gampong Sidodadi serta pemimpin masyarakat yang berisi komitmen untuk mendukung dan mempromosikan prinsip-prinsip moderasi beragama, peduli perempuan dan ramah anak di Desa Sidodadi.

Gampong Moderasi Beragama, Peduli Perempuan Dan Ramah Anak di Gampong Sidodadi diharapkan dapat menjadi model yang menginspirasi untuk membangun masyarakat yang inklusif, saling menghormati, dan menerima perbedaan sebagai bagian dari kekayaan budaya lokal.