Beranda Kegiatan Meningkatkan Kualitas Penelitian, LP2M IAIN Langsa Gelar Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Bagi...

Meningkatkan Kualitas Penelitian, LP2M IAIN Langsa Gelar Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Bagi Dosen

76
0

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Langsa adakan Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Bagi Dosen IAIN Langsa, dengan tema, mendesain penelitian yang benafit, kompetitif dan marketable, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 6 Desember 2023, bertempat di Aula Vitra Convention Hall Kota Langsa.

Sebagai narasumber pakar pada kegiatan ini adalah Prof. Dr. Abdul Mujib, M. Ag., M. Si, Guru Besar Bidang Psikologi Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Adapun peserta kegiatan Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Bagi Dosen IAIN Langsa ini adalah dosen muda dalam lintas fakultas yang berjumlah 30 orang.

Adapun outline kegiatan pelatihan ini yang disampaikan oleh Prof. Dr. Abdul Mujib, M. Ag., M. Si, yaitu tentang; Kiat-kiat mendapatkan penelitian litapdimas pusat, berbagai pendekatan dalam penelitian keagamaan, terutama yg kuantitatif yang belum banyak dosen paham, menemukan novelty penelitian, melalui integrasi keislaman, keilmuan dan local wisdom dan Kiat-kiat penggunaan Artificial Intellegent (AI) dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan program pelatihan ini, diharapkan dosen muda IAIN Langsa memperoleh persiapan yang memadai untuk memasuki dunia riset yang penuh peluang dan persaingan. Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dan kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Dr. T. Wildan, MA, yang mewakili Rektor IAIN Langsa.

Pada sesi terakhir kegiatan pelatihan ini, Prof. Dr. Abdul Mujib, M. Ag., M. Si, juga menjelaskan tentang penguatan kompetensi dosen dalam merespon perubahan regulasi regulasi baru tentang kenaikan jabatan akademik Lektor Kepala (LK) dan Guru Besar (GB) dan sosialisasi integrasi sistem angka kredit jabatan fungsional berdasarkan Kepmen PAN RB No.1 Tahun 2023 pada Dosen IAIN Langsa.