Beranda Kegiatan KKN Moderasi Beragama Mahasiswa KKN Moderasi Beragama Melakukan Kunjungan ke Lembah Kamuning Dairy Farm

Mahasiswa KKN Moderasi Beragama Melakukan Kunjungan ke Lembah Kamuning Dairy Farm

43
0

Sekelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PTKIN seluruh Indonesia datang mengunjungi Lembah Kamuning Dairy Farm (LKDF) kecamatan Cigugur, Kuningan-Jawa Barat. (Sabtu/20/07/2024)

Lembah Kamuning Dairy Farm adalah salah satu Pusat Pelatihan Peternakan dan Pedesaan Swadaya (PS4) yang berkhususkan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian dan peternakan yang berkualitas hingga menghasilkan SDM yang unggul.

LDKF ini dipelopori dan diketuai oleh seorang pensiunan American Home yang sekarang memilih menjadi seorang peternak yang menerapkan ilmu peternakan berbasis Intedreted System. Yakni Sudarmoko Sukardi, yang kerap disapa Pakde Moko.

Kegiatan kunjungan ini dilakukan dengan tujuan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai kondisi peternakan dan pertanian yang ada di Indonesia untuk Para peserta KKN moderasi beragama.

Sudarmoko sebagai pelopor LDKF mengungkapkan bahwa, negara Indonesia masih belum bisa mencukupi kebutuhan pangan masyarakatnya. “Mengkritik keras pemerintah. Tidak bisa mencukupi untuk kebutuhan rakyatnya. Keresahan masyarakat yang dirasakan adalah tentang pangan. Dibuktikan dengan setiap masak negara kita ini masih impor pangan. Impor beras, impor jagung, masih impor padi-padian yang dibuat untuk terigu, soybean meal (SBM) masih di impor. Artinya negara ini belum menjadi swasembada pangan.” ujarnya.

SudarMoko juga menambahkan bahwa Kabupaten Kuningan adalah daerah yang cukup beruntung karena letak wilayahnya yang memadai untuk menanam semua jenis tanaman yang dapat mencukupi pangan masyarakatnya.

“Kuningan butuh kota yang dapat swasembada. swasembada diberikan sebagian dari lereng gunung ciremai. Punya dataran untuk menumbuhkan padi, tebu. Kuningan dirahmati bener.”ujar Sudarmoko

Pelopor LDKF ini berharap agar mahasiswa  memiliki kepedulian akan masalah yang ada di negerinya sendiri terkhususnya pada swasembada pangan. ” Saya belajar peternakan, Saya berbucara tentang pertanian yang saya pelajari dan saya praktikkan. saya berharap agar sarjana dapat termotivasi untuk memahami apa yang sedang terjadi di negerinya sendiri” ungkapnya.

Mahasiswa peserta KKN juga sangat berantusias tatkala mendengarkan paparan materi oleh Sudarmoko. salah satu peserta KKN yang ikut berkunjung Fitriana Aswati mengungkapkan keantusiasannya bahwa apa yang dikatakan pak Sudarmoko sangat sangat berpengaruh pada pemikiran mahasiswa tentang swasembada pangan dinegri ini, dan banyak sekali mendapatkan ilmu baru mengenai keilmuan dibidang pertanian dan peternakan.

” saya sangat senang dan banyak sekali mendapatkan ilmu dari kunjungan ini apalagi mengenai swasembada pangan di negri ini” ujar Aswati.