Beranda Kegiatan KKN Moderasi Beragama Resmi Dibuka KKN Moderasi Beragama: Harmoni Bersama Umat Beragama

Resmi Dibuka KKN Moderasi Beragama: Harmoni Bersama Umat Beragama

43
0

Pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama ke-IV dengan tema “Harmoni Bersama Umat Beragama” yang menjadi tuan rumah adalah UIN Sunan Gunung Djati Bandung secara resmi dibuka di pendopo kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (Selasa, 16/07/24).

Pembukaan KKN Moderasi Beragama dihadiri  oleh Direktur Diktis Kemenag RI, Kasubtim PKM Kemenag RI, PJ Bupati Kuningan, Sekda Kabupaten Kuningan, Seluruh Rektor PTKIN se-Indonesia, LP2M, P3M Kapus PKM PTKIN se-Indonesia, dan para peserta KKN Moderasi Beragama ke-IV.

Acara ini diawali dengan penampilan paduan suara dari SMP Trimulya Sunda Wiwitan serta Tarian Tradisional Jawa Barat yaitu tarian puyuh dibawah naungan Ibu Ratu Mulya Jati Kusuma dan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bapak Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M. Ag selaku tuan rumah memberikan laporan mengenai kegiatan KKN Moderasi Beragama yang diikuti oleh 58 PTKIN se-Indonesia dan bertempat di Cigugur, Kuningan karena banyaknya ragam agama dan kepercayaan yang berada di lokasi KKN sehingga menjadi kawasan yang pas dalam kegiatan KKN Moderasi Beragama. “Kenapa dipilih Cigugur karena kecamatan Cigugur ini beragam agama dan kepercayaannya.” ujarnya.

Pj Bupati Kabupaten Kuningan, H. Raden Iip Hidajat, memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada para peserta KKN Moderasi Beragama.  Iip Hidajat mengungkapkan betapa pentingnya peran mahasiswa dalam berkalaborasi antara peserta KKN dan pemerintah setempat guna membangun Kuningan yang lebih baik dan mengatasi masalah masalah masyarakat yang ada di Kuningan. “Supaya dapat bekerja sama dengan para perguruan tinggi untuk mengatasi masalah-masalah yang terdapat di masyarakat Kuningan.” ujarnya.

Sambutan sekaligus arahan diberikan oleh PJ Gubernur Jawa Barat, dalam hal ini di wakili oleh Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesehatan Rakyat, Sekda Pemerintah Jawa Barat yakni Dr. H. Dodo Hendra, MM. Dalam sambutannya memberikan apresiasi dan ucapan selamat atas terselenggaranya KKN Moderasi Beragama.

Pj. Gubernur Jawa Barat juga mengharapkan dengan adanya KKN Moderasi Beragama dapat menjadi investasi kedepan untuk kemajuan karakter generasi muda dengan terus belajar dengan permalasahan permalasahan yang ada di masyarakat “Kegiatan ini juga investasi juga, bagaimana SDM di Jawa Barat membutuhkan karakter yang positif dan ikut bersama sama menyelesaikan masalah yang ada di Jawa Barat.” ujarnya.

Direktur Diktis Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag. memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya menegaskan bahwa  peserta KKN harus banyak belajar dan menyerap ilmu dari masyarakat serta meninggalkan dampak positif bagi masyarakat. “Peserta KKN diharuskan mempelajari ilmu ilmu yang berada di masyarakat dan membawa virus positif dan jadilah pendengar yang baik bagi masyarakat” ujar Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag dalam sambutannya

Acara pembukaan KKN Moderasi Beragama diharap menjadi momentum bagi para mahasiswa untuk terus belajar dan memahami masalah-masalah yang berada di masyarakat. terakhir, acara ditutup dengan doa bersama dari perwakilan 6 agama dan kepercayaan yakni dari agama Islam, Khatolik, Protestan, Hindu, Budha dan kepercayaan Sunda Wiwitan.