Beranda Pusat Studi Pengabdian Pelepasan dan Pembekalan KKN Tahap II, IAIN Langsa Komitmen Dukung Pemberdayaan Ekonomi...

Pelepasan dan Pembekalan KKN Tahap II, IAIN Langsa Komitmen Dukung Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

94
0

LP2M IAIN Langsa – Sebanyak 683 mahasiswa melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahap II 2023 di dua Kecamatan Kota Langsa, yaitu Kecamatan Langsa Lama dan Langsa Timur, yang tersebar di 31 Gampong/Desa, KKN ini mulai dari tanggal 1 November sampai 11 Desember 2023. Pelepasan mahasiswa KKN tersebut dilakukan secara simbolis oleh Ibu Rina Meutia, SE, ME Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan yang mewakili Rektor IAIN Langsa bersama LP2M IAIN Langsa dan Camat Langsa Lama dan Langsa Timur, di Aula Barat Gedung Rektorat IAIN Langsa, Kamis pagi (26/10/2023).

Dalam kegiatan KKN Tahap II ini ada empat model KKN yang dilaksanakan, diantaranya, KKN Integrasi, KKN Kerjasama Mitra, KKN Mandiri dan KKN Reguler.

Acara pelepasan mahasiswa KKN Tahap II Semester Ganjil 2023/3024 yang diselenggarakan secara offline itu dihadiri para Dekan fakultas di lingkungan IAIN Langsa, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan dan Ketua, Sekretaris, Kapus Gender dan Anak, Kapus PKM LP2M IAIN Langsa, serta dosen-dosen pembimbing lapangan.

Rina Meutia, SE, ME, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan di IAIN Langsa, memberikan pesan kepada mahasiswa untuk menjalankan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dengan semangat dan kebahagiaan. Ia mengatakan, “Harapannya, KKN ini dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa, masyarakat, dan pihak-pihak terkait, sekaligus memperkuat kerjasama strategis dan dinamis antara IAIN Langsa dengan masyarakat serta Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.” Ucapnya

Dr. T. Wildan, MA, selaku Ketua LP2M IAIN Langsa, mengungkapkan bahwa Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sebuah wadah pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa untuk terlibat langsung dalam kehidupan masyarakat. Beliau mendorong mahasiswa dengan kata-kata, “Mari berikan dampak positif dan menjaga reputasi institusi pendidikan kita. Sertakan potensi individu secara maksimal, dan tunjukkan etika dan tata krama yang baik dalam berinteraksi dengan masyarakat.”

Selain melibatkan diri dalam bentuk pengabdian, diharapkan bahwa mahasiswa juga dapat menjadi inspirasi dan menginspirasi masyarakat untuk menciptakan inisiatif yang memiliki manfaat. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga memiliki penekanan khusus pada berbagai aspek, seperti aspek keagamaan, pendidikan, wirausaha, dan pengembangan potensi gampong/desa.