Beranda Kegiatan KKN Integrasi: LP2M Merancang Pelaksanaan KKN Terintegrasi dengan FTIK IAIN Langsa

KKN Integrasi: LP2M Merancang Pelaksanaan KKN Terintegrasi dengan FTIK IAIN Langsa

138
0

Dalam kunjungan kerja LP2M IAIN Langsa ke Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) pada hari Jum’at tanggal 13 Oktober 2023 yang bertujuan untuk mendiskusikan dan merancang pelaksanaan KKN Terintegrasi dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Dalam acara kegiatan kunjungan ini dihadiri Ketua LP2M IAIN Langsa Dr. T. Wildan, MA, Sekretaris LP2M Dr. Noviandy, M. Hum, Rifyal Dahlawy Chalil, M. Sc, sedangakan dari FTIK dihadiri langsung oleh Dekan FTIK Dr. Amiruddin, MA, Wakil Dekan I Rasid Ritonga, P. hD, Riza Fahmi, S.E. Kepala Bagian Tata Usaha FTIK IAIN Langsa, Kepala Laboratorium FTIK Zaiyar, M.Pd, Ketua Prodi BKPI Junaidi, M. Pd. I, Ketua Prodi Matematika  Faisal, S.Pd.I, M.Pd dan para Ketua Prodi dan staf di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).

Ketua LP2M Dr. T. Wildan, MA, menyampaikan bahwa salah satu alasan yang membuat pihaknya ingin mengintegrasikan KKN dan PPL adalah untuk efektivitas masa studi mahasiswa. Hal itu pun sejalan dengan keinginan Rektor IAIN Langsa agar mahasiswa IAIN Langsa bisa lulus dengan masa studi yang terbilang cepat. “Antara PPL dengan KKN, banyak mahasiswa FTIK itu program kerjanya mengajar. Kalau (sama-sama) ngajar, kenapa tidak disatukan? Bisa mempercepat kelulusan dan meningkatkan kecerdasan, Hemat biaya, mempercepat masa studi mahasiswa” tambahnya.

Pihak LP2M menilai model KKN Integrasi ini, output dan outcomenya bisa berdampak jelas kepada masyarakat. Mahasiswa tetap berada di sekolah/madrasah tempat mahasiswa PPL dan ada tambahan waktu untuk menyelesaikan program-program kerja KKN di tempat mahasiswa PPL. Mahasiswa dituntut untuk membuat Program Kerja KKN (Proker) yang terpisah dengan kegiatan PPL. Mahasiswa yang akan mengikuti KKN integratif juga dituntut memenuhi segala persyaratan administratif KKN serta output dan outcome yang telah ditetapkan tidak berbeda dengan bentuk KKN lainnya.

Dekan FTIK IAIN Langsa, Dr. Amiruddin Yahya, MA, menyambut baik perihal yg dapat memberikan peluang dan kesempatan bagi mahasiswa menyelesaikan perkuliahan tepat waktu–walaupun ada mahasiswa yang ingin menyelesaikan kuliah pada waktu yang tepat. (Candaan yang disambut tawa dalam forum terbatas ini). Dekan FTIK juga menyatakan sangat berkepentingan pada mata kuliah KKN yang telah diambil mahasiswa dalam KRS-nya, agar mahasiswa dapat selesai tepat waktu. Walaupun ada banyak matakuliah lainnya selain KKN. Buktinya FTIK juga ada melakukan pengabdian dengan tema FTIK Mengabdi yang melibatkan mahasiswa dan bisa dikonversi dengan mata kuliah. Begitu juga dengan Fakultas-fakultas lain dengan skema pengabdian yang berbeda. Tujuannya adalah mendukung proses perkuliahan dapat selesai tepat waktu. Oleh karena itu pelaksanaan dan kedatangan LP2M ini, dapat menjawab harapan dan mendukung pelaksanaan berbagai kegiatan dalam rangka mempercepat proses perkuliahan dan mendukung akreditasi.

Dalam diskusi yang a lot diantara LP2M dan FTIK IAIN Langsa menghasilkan beberapa hal penting untuk dilaksanakan KKN Terintegrasi. Pelaksanaan PPL akan disatukan dengan pelaksanaan KKN. Kepada setiap kelompok mahasiswa yang akan melaksanakan KKN Terintegrasi dapat menyiapkan program kegiatan yg dapat mendukung terlaksananya proses pendidikan menjadi lebih baik. Setiap kelompok KKN atau PPL setidaknya mendesign program kegiatan dengan 3 (tiga) objek; siswa, guru dan orang tua/wali siswa. Tentunya dengan target atau progress yg telah ditetapkan dalam output dan outcome kegiatan KKN.

Untuk itu LP2M IAIN Langsa akan segera membuat Buku Pedoman untuk pengintegrasian antara KKN dan PPL, dengan tetap mengacu pada ketentuan Permendikbud SN DIKTI, baik dari segi jumlah hari yang harus terpenuhi maupun dari substansi program KKN yg harus dijalankan. Harapannya KKN integrasi ini dapat diterapkan tidak hanya di FTIK tetapi juga di semua fakultas di lingkungan IAIN Langsa.

Ada beberapa tujuan yang disampaikan LP2M IAIN Langsa tentang KKN Integrasi ini, diantaranya: Memberikan pengalaman faktual kepada mahasiswa dalam bidang pendidikan di lembaga mitra dan pengabdian kepada masyarakat. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah/madrasah/lembaga mitra dan masyarakat. Menumbuhkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di lembaga mitra dan masyarakat. Mendorong pengembangan sekolah/madrasah/lembaga dengan cara menumbuhkan inovasi dan kreativitas atas dasar potensi yang ada. Meningkatkan hubungan kemitraan antara Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa dan LP2M IAIN Langsa dengan lembaga mitra dan masyarakat.