Beranda Kegiatan Rumoh Jurnal Rumoh Jurnal IAIN Langsa Menggelar Pelatihan Persiapan Akreditasi Bagi Pemula

Rumoh Jurnal IAIN Langsa Menggelar Pelatihan Persiapan Akreditasi Bagi Pemula

64
0

Menyikapi permintaan dari beberpa pengurus jurnal pemula di IAIN Langsa, Rumoh Jurnal mengadakan pelatihan terkait persiapan menuju akereditasi dan re-akreditasi Sinta. Acara tersebut digelar pada Kamis, 12 Oktober 2023 di Sekretariat Rumoh Jurnal. Turut hadir Ketua Rumoh Jurnal, Ketua LP2M Dr. T. Wildan, MA, Sekretaris LP2M Dr. Noviandy, M. Hum serta beberapa pengelola Jurnal di lingkungan IAIN Langsa.

Acara yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut difasilitasi langsung oleh Ketua LP2M IAIN Langsa dan Ketua Rumoh Jurnal M. Anzaikhan, M. Ag dengan membedah masing-masing OJS untuk dilakukan penyempurnaan dan perbaikan sebelum disubmit nantinya.

Ketua Rumoh Jurnal M. Anzaikhan, M. Ag, mengatakan; “Saat ini memang pengajuan akereditasi Sinta ke Arjuna tengah ditutup, namun segala persiapan perlu dilakukan agar tim pengelola sudah ‘ready’ ketika masa pengajuan kembali dibuka. Setidaknya ada beberapa elemen penting yang harus diperhatikan; Pertama, penamaan yang sesuai antara ISSN dan OJS. Kedua, editoral team yang terdiri dari 2 lembaga berbeda atau lebih. Ketiga, serial number DOI yang harus tertera dalam kondisi aktif. Apabila ketiga elemen ini bermaslah, maka akereditasi akan ditolak.” Pungkasnya.

Begitu juga dengan apa yang dipaparkan oleh Ketua LP2M Dr. T. Wildan, MA, menurutnya sangat penting bagi pengelola jurnal dalam membenahi OJS sebaik mungkin, jangan sampai penilaian re-akereditasi yang ada turun.

Dr. T. Wildan, MA selaku ketua LP2M mengatakan; “Kegiatan pelatihan dan dampingan seperti ini perlu untuk dilakukan secara rutin. Selain kaderisasi bagi pengurus baru, bisa meminimalisir kegagalan akereditasi karena dikawal oleh pengelola yang sudah lebih dulu memahmi pengajuan. Apalagi masih ada jurnal yang berbeda nama antara OJS dan ISSN BRIN, maka dari itu kami mintakan kepada Rumoh Jurnal agar mendata jurnal bermaslah untuk diajukan perbaikan nama secara kolektif.”

LP2M IAIN Langsa periode ini menerima baik berbagai keluhan dan masukan dari pihak perjurnalan IAIN Langsa khususnya melalui perpanjangan tangan Rumoh Jurnal. Segala kebutuhan dan dukungan akan dicari solusinya demi peningkatan kualitas ke depan.

Sekretaris LP2M, Dr. Noviandi Husni M. Hum berkata; “Salah satu keluhan kawan-kawan adalah sulitnya memperoleh tulisan dari negara luar, apalagi lintas 4 benua. Maka dari itu, kami sudah mendiskusikan wacana melakukan konfrensi jurnal ke depan guna memperoleh tulisan asing. Semoga bisa direalisasikan.” Imbuhnya.

Peserta pada pelatihan tersebut merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan, sebab selama ini memang sangat dibutuhkan khususnya bagi pengurus pemula yang masih awan dengan pengelolaaan jurnal.