Beranda Kegiatan Gelar Rapat Koordinasi, LP2M dan LPM IAIN Langsa Serius Implementasi Merdeka Belajar...

Gelar Rapat Koordinasi, LP2M dan LPM IAIN Langsa Serius Implementasi Merdeka Belajar PTKI

130
0

LP2M IAIN Langsa – Rapat koordinasi yang dilaksanakan dua lembaga di lingkungan IAIN Langsa, LP2M dan LPM, terkait tentang Implementasi Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (MERPATI), dalam kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dr. T. Wildan, MA Ketua LP2M IAIN Langsa, Dr. Noviandy Sekretaris LP2M, M. Hum, Dr. Mustamar Iqbal Kapuslipen, MA dan Rifyal Dahlawy Chalil, M. Sc Kapus Pengabdian Kepada Masyarakat, sedangkan dari LPM dihadiri oleh Dr. Syafieh, M. Fil. I Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Wahyuni, M. Pd Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu Lembaga Penjaminan Mutu, Siti Habsari Pratiwi, M. Pd Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu Lembaga Penjaminan Mutu.

Koordinasi yang dilakukan oleh LP2M dan LPM IAIN Langsa ini merupakan bentuk keseriusan dalam rangka mengimplementasi dan mempersiapkan pelaksanaan Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (MERPATI) untuk Semester Genap 2023/2024. MERPATI memiliki manfaat yang signifikan dan merupakan sebuah platform untuk kegiatan merdeka belajar yang menampung sembilan jenis aktivitas MBKM yang ditawarkan meliputi:

  1. Pertukaran mahasiswa
  2. Moderasi beragama
  3. Membangun desa KKN tematik
  4. Studi/proyek independen
  5. Kegiatan wirausaha
  6. Proyek kemanusiaan
  7. Penelitian riset
  8. Asistensi mengajar
  9. Magang/praktik kerja

Jenis aktivitas MBKM tersebut yang dapat ditawarkan oleh enam puluh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang tergabung dalam MERPATI. Pertemuan ini diadakan di Aula LP2M IAIN Langsa dengan tujuan berkolaborasi dalam menyusun program kegiatan yang dapat dijalankan oleh IAIN Langsa.

IAIN Langsa telah aktif dalam menjalankan program MBKM dalam bentuk pertukaran mahasiswa, baik sebagai tuan rumah maupun sebagai peserta. Keterlibatan IAIN Langsa dalam program pertukaran mahasiswa MERPATI juga mencerminkan prestasi yang memuaskan dalam konteks kerja sama dengan enam puluh perguruan tinggi mitra. Dalam kategori pertukaran mahasiswa outbound (dimana mahasiswa IAIN Langsa mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi mitra), IAIN Langsa berhasil mencapai peringkat 6 dengan total 88 mahasiswa yang terlibat. Sementara itu, dalam kategori pertukaran mahasiswa inbound (dimana mahasiswa perguruan tinggi mitra mengikuti perkuliahan di IAIN Langsa), IAIN Langsa menempati peringkat 7 dengan jumlah keseluruhan 126 mahasiswa yang berpartisipasi.

Dr. T. Wildan, MA, menyampaikan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan LPM dalam penyelenggaraan program merdeka belajar. “Sebagai langkah awal, LP2M akan menyiapkan empat jenis kegiatan, yaitu program magang/praktik kerja, penelitian riset, Membangun desa KKN tematik, dan moderasi beragama. Kolaborasi yang terjalin antara kedua lembaga di Institut IAIN Langsa ini adalah bentuk konkret dari komitmen dan kerja sama dalam mencapai IAIN Langsa Unggul”. Ucapnya.

Selanjutnya, LP2M akan mengembangkan empat jenis kegiatan dalam rangka merdeka belajar, sementara LPM akan menyusun panduan kegiatan ini berdasarkan pedoman dan standar akreditasi. Hal ini akan memungkinkan setiap program studi untuk memilih dan menyesuaikan kegiatan mana yang sesuai dan dapat diikuti oleh mahasiswa mereka. Kegiatan merdeka belajar ini akan berlangsung selama satu semester penuh dan akan memiliki bobot sebanyak 20 SKS (Satuan Kredit Semester). Program studi juga dapat menyesuaikan mata kuliah mereka dengan materi kegiatan yang akan ditawarkan di luar kurikulum program studi utama. Hak belajar selama tiga semester di luar program studi akan mengacu pada Permendikbud No. 3 Tahun 2020 mengenai Penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Nantinya, setelah selesai merancang bentuk kegiatan merdeka belajar ini, LPM dan LP2M akan mengadakan sosialisasi kepada seluruh program studi yang berada di lintas fakultas IAIN Langsa. Dr. Syafieh, M. Fil, Ketua LPM IAIN Langsa, menyatakan, “Kami ingin agar ketika bentuk kegiatan merdeka belajar ini disosialisasikan, semua program studi dapat secara langsung memilih jenis kegiatan yang sesuai dengan Kompetensi Profesional Lulusan (CPL) program studi mereka, dan ini dapat diadaptasi dengan Capaian Pembelajaran Minimum Kompetensi (CPMK) yang akan disetarakan. Semoga pada Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024, IAIN Langsa dapat sukses menyelenggarakan empat jenis kegiatan merdeka belajar dengan baik dan meraih prestasi yang luar biasa,” tambahnya pada akhir pernyataan.