Beranda Pusat Studi Pengabdian Kapus Pengabdian Masyarakat IAIN Langsa Melaksanakan Monev KKN Melayu Serumpun

Kapus Pengabdian Masyarakat IAIN Langsa Melaksanakan Monev KKN Melayu Serumpun

201
0

Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (KapusPKM) IAIN Langsa Rifyal Dahlawy Chalil, M. Sc melaksanakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Melayu Serumpun Angkatan IV Kota Metro-Lampung pada 15 Agustus 2023 dilaksanakan di 10 Desa yang berada di Kecamatan Marga Punduh dan Punduh Pedada. Kegiatan ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan dan perkembangan para mahasiswa KKN Melayu Serumpun di lapangan.

IAIN Metro selaku tuan rumah penyelenggara KKN Melayu Serumpun Angkatan IV mengundang perguruan tinggi peserta KKN Melayu Serumpun untuk melakukan monev bersama ke desa-desa di Kecamatan Marga Punduh dan Punduh Pedada. IAIN Langsa turut hadir mengikuti monev yang diwakili oleh Rifyal Dahlawy Chalil, M.Sc selaku Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, dan tim-tim dari perguruan tinggi lainnya seperti UIN Mahmud Yunus Batusangkar (Sumatera Baarat), IAIN Curup (Bengkulu), UIN Jambi dan tuan rumah IAIN Metro (Lampung). Jarak lokasi monev dari Kota Metro menuju lokasi desa KKN menempuh perjalanan hingga 5 jam perjalanan.

Sebelum menuju ke lokasi monev, tim disambut dan dilepas oleh Rektor IAIN Metro Prof. Dr. Siti Nurjanah M.Ag., PIA dan Wakil Rektor I Prof. Dr. Suhairi, MH yang juga sebagai Ketua Pelaksana KKN Melayu Serumpun dan Dr. Imam Mustofa, M. Si selaku Ketua LP2M IAIN Metro. Dalam sambutannya Rektor mengucapkan terimakasih atas kehadiran tim untuk melakukan monev, dan beliau menjelaskan bahwa penempatan mahasiswa KKN secara khusus di kecamatan yang berada di daerah pesisir dengan tujuan selain dapat mengikuti KKN mahasiswa juga berkesempatan untuk berekreasi di pantai-pantai yang menjadi objek wisata di Lampung. lebih lanjut Rektor mengatakan bahwa pelaksanaan suatu kebanggaan dapat menjadi tuan rumah KKN Melayu Serumpun yang sedang berjalan sangat baik, dan beliau merasa sangat bahagia saat pembukaan KKN yang lalu dapat dihadiri dan dilepas oleh Dirjen Pendis.

Menurut Rifyal Dahlawy Chalil, M.Sc, menghadiri acara monev kali ini sangat penting, karena selain dapat melihat dan mengunjungi mahasiswa yang sedang KKN di Lampung, juga dapat belajar mengenai teknis pelaksanaan KKN Melayu Serumpun. Hal ini dikarenakan untuk tahun 2024 pelaksanaan KKN Melayu Serumpun Angkatan V akan dilaksanakan di IAIN Langsa-Aceh. “Sesuai arahan dari Bpk. Rektor Prof. Ismail Fahmi Arrauf dan Bpk. Kepala LP2M IAIN Dr. T. Wildan, saya harus berdiskusi secara intens dengan pihak LP2M IAIN Metro selaku pelaksana KKN Melayu Serumpun, sehingga kita mendapatkan gambaran teknis mengenai pelaksanaan KKN Melayu Serumpun tahun depan” Ujar Rifyal Dahlawy.