Beranda Kegiatan KKN Melayu Serumpun Persiapan KKN Melayu Serumpun: LP2M Ajak Ormawa Terlibat Aktif dalam Pelaksanaan

Persiapan KKN Melayu Serumpun: LP2M Ajak Ormawa Terlibat Aktif dalam Pelaksanaan

79
0

Langsa 03 Mei 2024 – LP2M IAIN Langsa mengundang unsur Ormawa di lingkungan IAIN Langsa untuk membahas persiapan KKN Melayu Serumpun (KKNMS) angkatan V yang akan diselenggarakan pada Juli – Agustus 2024. Rapat dilaksanakan di ruang rapat LP2M IAIN Langsayang dipimpin oleh Kapus PKM Rifyal Dahlawy Chalil, M.Sc dan dihadiri oleh SEMA, DEMA Institut dan Fakultas, serta UKK dan UKM di lingkungan IAIN Langsa.

Pelibatan mahasiswa dalam menyukseskan pelaksanaan KKNMS 2024 merupakan instruksi langsung Rektor IAIN Langsa, Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA yang disampaikan dalam sesi Rapat Pimpinan kepada LP2M IAIN Langsa. Menurut beliau keterlibatan mahasiswa dalam persiapan IAIN Langsa sebagai tuan rumah KKNMS merupakan wujud rasa cinta dan kebanggaan sebagai mahasiswa IAIN Langsa, sehingga akan melahirkan rasa kepemilikan dalam diri mahasiswa. Peran ORMAWA dalam pelaksanaan KKNMS selain dalam persiapan-persiapan juga sebagai pendamping mahasiswa tamu dari 23 PTKIN se-Sumatera yang akan beraktivitas KKN di Aceh. Sehingga diharapkan koordinasi, keakraban dan jalinan relasi akan terbentuk antar mahasiswa.

Rapat koordinasi ini berlangsung dengan sesi diskusi-diskusi mengenai bagaimana teknis kegiatan, mekanisme pendaftaran baik untuk mahasiswa IAIN Langsa dan mahasiswa tamu, lokasi KKN, serta kegiatan opening ceremony maupun closing ceremony. Secara khusus Ketua SEMA Syahrizal dan Ketua DEMA Khairul Sujjai mendiskusikan mengenai mekanisme penempatan kelompok, program selama KKN dan penginapan di lokasi KKN. Menurut Ketua SEMA yang pernah mengikuti KKN reguler di Birem Bayeun, mahasiswa KKN harus memiliki program kerja yang jelas dan terukur. Hal ini untuk menghindari kegiatan-kegiatan yang tidak perlu dan kurang berdampak kepada masyarakat. Oleh karena itu dalam pelaksanaan KKNMS setiap kelompok diharuskan membuat rincian program kegiatan yang sesuai tema dan mendiskusikannya dengan Dosen DPL.

Kapus PKM Rifyal Dahlawy Chalil, M.Sc juga berpesan kepada UKK dan UKM yang menghadiri rapat untuk dapat mempersiapkan pertunjukan yang akan ditampilkan saat acara opening ceremony. Lebih lanjut beliau menuturkan jika saat ini IAIN Langsa menjadi tuan rumah KKNMS ke V tahun 2024, dan jika ingin menjadi tuan rumah lagi maka harus menunggu 22 tahun mendatang, mengingat tuan rumah pelaksanaan KKNMS digilir setiap tahunnya di kampus yang berbeda. Oleh karena itu mari bersama bersinergi mempersiapkan kegiatan ini secara maksimal dan matang, sehingga akan memberikan kesan positif bagi tamu dari 23 PTKIN Se-Sumatera yang ber-KKN di Aceh, imbuhnya