Beranda Kegiatan LP2M IAIN Langsa Melaksanakan Sosialisasi Petunjuk Teknis Program Bantuan Publikasi Ilmiah dan...

LP2M IAIN Langsa Melaksanakan Sosialisasi Petunjuk Teknis Program Bantuan Publikasi Ilmiah dan Pengabdian kepada Masyarakat pada Satker IAIN Langsa Tahun Anggaran 2024

100
0

Langsa, 19 April 2024 – LP2M IAIN Langsa menggelar sosialisasi mengenai Petunjuk Teknis Program Bantuan Publikasi Ilmiah dan Pengabdian kepada Masyarakat pada Satker IAIN Langsa Tahun Anggaran 2024. Acara ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 19 April 2024, melaui aplikasi zoom metting.

Sosialisasi ini diikuti oleh semua dosen IAIN Langsa dari berbagai fakultas dalam lingkungan IAIN Langsa. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai kluster bantun pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah yang dibuka pada tahun anggaran 2024, tata cara pengajuan proposal, penyaluran dana, serta pelaporan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh Satker IAIN Langsa.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Dr. Yusaini, M. Pd, menyampaikan pentingnya peran perguruan tinggi keagamaan dalam menghasilkan penelitian yang berkualitas serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat. “Bantuan ini merupakan wujud dukungan IAIN Langsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan serta memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan masyarakat,” ujarnya.

Ketua LP2M IAIN Langsa Dr. T. Wildan, MA juga menekankan pentingnya mengawal proses secara objektif, transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan kegiatan bantuan. “Kami mengharapkan agar setiap dosen mampu menjalankan program ini dengan sebaik-baiknya, serta menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, moderator dalam acara kegiatan sosialisasi ini adalah Dr. Noviandy, M. Hum yang juga sebagai Sekretaris LP2M IAIN Langsa. Penyampaian materi pertama terkait dengan dana bantuan pengabdian kepada masyarakat disampaikan oleh kepala pusat pengabdian kepada masyarakat LP2M IAIN Langsa, Rifyal Dahlawy Chalil, M. Sc, adapun hal yang disajikan dalam sosialisasi ini tentang outcome yang harus dipenuhi oleh setiap penerima dana bantuan, tata cara pengajuan laporan, batasan waktu penyelesaian laporan dan pertanggungjawaban dana pengabdian.

Materi kedua disampaikan oleh Muhajir, M. HI sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan, tentang bantuan publikasi ilmiah tahun anggaran 2024. Para dosen diberikan pemahaman mengenai format laporan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Para peserta sosialisasi juga diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada narasumber terkait proses hal-hal yang kurang dipahami, dan juga hal-hal teknis terkait dengan bantuan pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah ini. Hal ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para peserta.

Acara sosialisasi Petunjuk Teknis Program Bantuan Publikasi Ilmiah dan Pengabdian kepada Masyarakat pada Satker IAIN Langsa Tahun Anggaran 2024 ini diakhiri dengan harapan agar para dosen mampu memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas serta kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia.