Beranda Pusat Studi Pengabdian LP2M IAIN Langsa melakukan Penjemputan Mahasiswa KKN Reguler Gelombang I

LP2M IAIN Langsa melakukan Penjemputan Mahasiswa KKN Reguler Gelombang I

186
0

Senin, 27 Agustus 2023 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Langsa melakukan penjemputan kembali mahasiswa KKN IAIN Langsa gelombang 1 dan 2. Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa IAIN Langsa sejak bulan Juli lalu telah berakhir. Pengabdian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) gelombang di 25 gampong yang tersebar di kecamatan Birem Bayeun. Setiap gelombangnya dilaksanakan selama 45 hari dengan berbagai program kegiatan dalam memberdayakan masyarakat dimana mahasiswa ditempatkan. Dalam dua gelombang ini LP2M IAIN Langsa mengirimkan peserta tidak kurang dari 160 mahasiswa tingkat akhir yang siap melakukan pengabdian.

Penjemputan mahasiswa KKN ini dilakukan di kantor Camat Kecamatan Birem Bayeun. Dalam kata sambutannya Camat Birem Bayeun Iskandar Budiman, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada IAIN Langsa yang telah mengirimkan mahasiswa-mahasiswa untuk melakukan pengabdian. Beliau meyakini keberadaan para mahasiswa yang telah mengabdi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di gampong-gampong. Dalam sela-sela kata sambutannya Pak Camat (panggilan akrabnya) meminta beberapa mahasiswa mengeksplorasikan program pengabdian yang telah dilakukan. Beberapa mahasiswa dengan senang hati mengeksplorasikan berbagai kegiatan yang telah dilakukan, diantaranya; membatu dan mengajarkan warga dalam melakukan pemasaran Kue Bingkang yang tidak hanya dilakukan secara tradisional, namun dapat juga dilakukan secara online melalui media-media sosial; mengolah durian yang tidak dikonsumsi (tidak manis) menjadi makanan  Mochi yang disukai anak muda; melakukan pengajaranan bahasa asing di sekolah dasar dan remaja, serta mengajar mengaji dengan metode yang lebih menyenangkan—sehingga sangat disukai oleh masyarakat, dan kegiatan lainnya.

Dalam kesempatan yang sama IAIN Langsa yang diwakili oleh Sekretaris LP2M IAIN Langsa Dr. Noviandy, M. Hum, dan Koordinator Pusat Pengabdian Rifyal Dahlawy, M. Sc, dalam sambutan penjemputannya menyampaikan beberapa hal kepada para mahasiwa. Pengabdian kepada masyarakat merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh insan akademis kampus, yang disebut dengan tri darma perguruan tinggi; Pendidikan, Penelitian, dan Pangabdian Masyarakat. Pengabdian seperti yang telah kita lakukan ini tidak hanya kita lakukan sebagai tugas perkuliahan saja. KKN kali ini menggunakan pendekatan metode pengabdian ABCD (asset base community development), yakni pengabdian yang lebih memfokuskan pengembangan aset masyarakat. Dalam humornya sekretaris LP2M ini juga sempat menyampaikan; penjemputan ini hanyalah formalitas saja, jika ada dari kita perlu tinggal lebih lama dan dapat menjalin hubungan penihakan di gampong-gampong, ini akan lebih bagus dalam kelangsungan program kegiatan yang telah ada, dan disambut tawa mahasiswa dan saling melirik satu sama lain.