Beranda Pusat Studi Pengabdian Penyerahan Mahasiswa KKN ke Kecamatan: Sinergi Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat

Penyerahan Mahasiswa KKN ke Kecamatan: Sinergi Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat

71
0

Pada Rabu, 1 November 2023, pukul 09.00 WIB, acara penyerahan dan penerimaan mahasiswa KKN IAIN Langsa secara resmi berlangsung di Ruang Rapat Kantor Camat Langsa Timur, Kota Langsa. Acara ini menjadi langkah awal sebelum mahasiswa KKN memulai rangkaian kegiatan di 16 Desa dalam Kecamatan Langsa Timur, melibatkan total 316 mahasiswa.

Camat Langsa Timur, Heri Setiawan, S.STP.MAP, Ketua LP2M IAIN Langsa, Dr. T. Wildan, MA, Kepala Pusat Studi Pengabdian Kepada Masyarakat, Rifyal Dahlawy Chalil, M. Sc, Polsek Langsa Timur, Koramil, para Geuchik dalam kecamatan Langsa Timur, dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) turut hadir dalam acara serah terima mahasiswa KKN.

Dalam sambutan pertama, Dr. T. Wildan, MA, menyampaikan maksud dan tujuan program KKN, yaitu mengabdikan diri sebagai aktualisasi pemahaman dan pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan. Ia meminta dukungan, saran, dan arahan kepada unsur Pemerintah Desa agar program yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik. Dr. T. Wildan secara resmi menyerahkan 316 mahasiswa KKN kepada Pihak Kecamatan Langsa Timur, berharap mereka dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat desa selama 40 hari ke depan. Beliau juga menitipkan permintaan agar tindakan mahasiswa yang kurang sejalan dengan tradisi desa dapat diarahkan dan selalu menjaga akhlak dan etika selama ber-KKN.

Sambutan kedua disampaikan oleh Camat Langsa Timur, Heri Setiawan, S.STP., MAP, yang mengingatkan mahasiswa untuk melaksanakan seluruh program kerja KKN, membantu kegiatan di desa, menjaga akhlak, dan adab selama ber-KKN. Ia juga mengajak mahasiswa berkontribusi dengan memberikan saran dan ide-ide untuk pengembangan desa, sambil menekankan pentingnya menjaga nama baik almamater.

Acara penyerahan dan penerimaan mahasiswa KKN diakhiri dengan simbolis pemasangan almamater oleh Ketua LP2M IAIN Langsa dan Camat Langsa Timur, diikuti oleh sesi foto bersama, dan berakhir sekitar pukul 10.00 WIB. Kegiatan KKN ini diharapkan dapat memperkuat silaturahmi antara mahasiswa dan masyarakat, membuka peluang kolaborasi untuk pengembangan kegiatan di masa mendatang.