Beranda Pusat Studi Penelitian LP2M Melakukan Monev Penerima Hibah Dana BOPTN Pengabdian Kepada Masyarakat

LP2M Melakukan Monev Penerima Hibah Dana BOPTN Pengabdian Kepada Masyarakat

94
0

LP2M IAIN Langsa melakukan monitoring dan evaluasi pada Penerima Hibah Pengabdian BOPTN 2023, 10 November 2023. Monitoring dan Evaluasi ini diikuti seluruh penerima dana hibah pengabdian kepada masyarakat. Ada berbagai bentuk pengabdian yang sudah dilakukan oleh para dosen melalui skema pendanaan BOPTN-Litapdimas IAIN Langsa pada tahun ini. Diantaranya; Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Moderasi Agama, Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Komunitas, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Lembaga Pendidikan, Keagamaan, dan Kemasyarakatan. Berbagai pengabdian kepada masyarakat telah dilakukan dalam kurun waktu 6 (enam) bulan terakhir dalam tahun 2023 ini di 3 (tiga) Kab/Kota; Aceh Timur, Kota Langsa, dan Aceh Timur. Sekretaris LP2M Dr. Noviandy, M.Hum menyampaikan dalam kegiatan tersebut; Monev yang dilakukan LP2M merupakan bagian dari Kontrol pelaksanaan program yang telah diajukan oleh dosen-dosen di IAIN Langsa.

Ada 9 (Sembilan) titik pengabdian yang telah dilakukan oleh dosen-dosen IAIN Langsa. Tidak hanya di lembaga pendidikan formal juga lembaga non-formal, tidak hanya di komunitas masyarakat, namun juga komunitas kaum profesi. Berbagai sasaran pengabdian yang dilakukan oleh dosen-dosen IAIN Langsa tidak terlepas dilakukan dari hasil rekomendasi-rekomendasi penelitian yang telah dilakukan sebelum. Berbagai bentuk pegabdian dilakukan tidak menyasar siswa-siswa sekolah, namun juga menjadi guru sebagai objek penerima manfaatnya. Tidak hanya berhubungan dengan isu-isu pendidikan, namun juga menyasar pada isu-isu moderasi yang selama ini mulai hangat berkembang di tengah masyarakat. Dan berbagai isu-isu pengabdian lainnya yang telah dilakukan. Kapus Pengabdian kepada Masyarakat, Rifyal Dahlawy Chalil, M.Sc dalam prosesi monev meyampaikan bahwanya program yang telah dilakukan oleh para dosen IAIN Langsa sangat bermanfaat dan mendapat perhatian dari dinas atau stake holder terkait. Ini menandakan keberadaan IAIN Langsa dirasakan oleh masyarakat, dimanapun mereka berada.

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pada program pengabdian dosen ini dilakukan bertujuan untuk melihat dan manganalis sejauh mana program-program pengabdian tersebut sudah dilakukan. Keseluruhan dosen yang mendapat dana hibah bersaing ini telah melakukan berbagai aktivitasnya di masyarakat. Walaupun dalam prosesnya masih tersisa kegiatan-kegiatan untuk mengakhiri proses pengabdiannya. Tidak hanya proses pengabdian yang dilakukan oleh para dosen yang menjadi sasaran evaluasi, melainnya terdapat output dan outcome kegiatan yang harus dilakukan. Sejauh ini hasil dari monitoring dan evaluasi dilakukan, para dosen-dosen IAIN Langsa telah mencapai progressivitas yang cukup tinggi dan memuaskan. Ketua LP2M IAIN Langsa, Dr. T. Wildan, MA dalam kesempatan yang berbeda menyampaikan Ucapan terima kasih kepada para dosen yang telah melakukan pengabdian masyarakat. Banyak pengabdian yang menurutnya, seharusnya mengeluarkan biaya yang lebih besar—ditangan dingin para dosen IAIN Langsa dapat dilakukan walaupun dengan dana yang terbatas.